loading...

Wanita Wajib Baca !! Waspadai, Warna dan Tekstur D4rah M3nstru4si Menunjukkan Kesehatanmu, Jadi Paham Soal Masalah D4rah M3nstru4si..

Sahabat Islami Tiap perempuan mempunyai waktu,
tekstur dan jumlah d4rah m3nstru4si yang berbeda-beda. Terdapat batasan normal mengenai waktu dan jumlah d4rah m3nstru4si. Anda perlu ke dokter apabila mengalami m3nstru4si yang berlangsung lama atau keluar d4rah yang sangat banyak dimana hal tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari. Siklus m3nstru4si pada kebanyakan perempuan normalnya berkisar antara 21-35 hari. Rata-rata siklus m3nstru4si perempuan adalah 28 hari.
M3nstru4si adalah masa penting yang dilalui wanita setiap bulan. M3stru4si yang terjadi antara satu wanita dengan lainnya tidaklah sama, ada yang 5 hari, 7 hari dan paling lama 15 hari. Namun bila mestruasi berlangsung lebih dari 15 hari, patut diwaspadai karena dapat jadi akibat penyakit tertentu. Selain itu, untuk memastikan kesehatannya, para wanita juga wajib memperhatikan tekstur dan warna d4rah h4id.



Seperti yang kita tahu bahwa darah h4id yang keluar dari rahim wanita setiap bulannya mempunyai warna dan tekstur yang bermacam-macam. Dan dari tekstur dan warna darah yang keluar saat m3nstru4si, Anda dapat mengetahui adanya gangguan kesehatan. Nah, untuk memastikan tingkat kesehatan Anda, simak penjelasan mengenai tekstur dan warna d4rah selama m3nstru4si berikut ini : D4rah menggumpal dan Berwarna merah terang atau gelap

Pada hari-hari terberat perdarahan, umumnya wanita akan mengeluarkan d4rah yang agak tebal atau lebih padat dari biasanya. Tubuh kita biasanya melepaskan antikoagulan yang berfungsi menjaga darah mestruasi dari pembekuan, namun saat h4id berat atau saat perd4rahan sedang lancar, antikoagulan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk bekerja. Kondisi tersebut dapat dikatakan wajar, apabila terjadi pada masa berat, yakni 2-4 hari. Yang patut diwaspadai bila pembekuan d4rah berlebihan, karena dapat jadi adanya gangguan kesehatan. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

1. D4rah lebih coklat/gelap dengan tekstur tebal


Bila warna darah menjadi coklat atau kehitaman pada akhir periode m3nstru4si, maka tidak perlu khawatir karena hal ini normal terjadi  saat d4rah lebih tua dan tubuh tidak mampu mengeluarkan darah dengan cepat. Yang patut diwaspadai bila tekstur d4rah tebal dan berwarna coklat kehitaman di periode berat, karena dapat jadi ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi Anda.


2. Menggumpal dan berwarna keabu-abuan

Saat d4rah yang keluar disertai gumpalan yang banyak dan warna keabu-abuan, maka Anda harus mewaspadainya, karena ada kemungkinan bila Anda mengalami keguguran. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar diketahui penyebabnya.

3. Tekstur d4rah licin seperti jelly dan berwarna merah terang

Kondisi tersebut tidak perlu dicemaskan, karena lendir menunjukkan bila d4rah kotor bercampur lendir serviks. Warna d4rah yang merah terang menunjukkan bila perd4rahan sudah tidak seberat hari sebelumnya.

4. Menggumpal dan lebih banyak dalam jangka waktu panjang

D4rah m3nstru4si dapat dikatakan tidak normal bila jumlahnya lebih banyak dan waktu d4rah menggumpal lebih panjang. Kondisi ini dapat jadi adanya gangguan kesehatan didalam rahim.

5. Warna d4rah Orange dan waktu mestruasi lebih lama

Warna darah tersebut menunjukkan bila d4rah bercampur dengan cairan serviks. Namun dapat juga menunjukkan bila terjadi infeksi pada rahim, untuk itu segera periksakan diri ke dokter apabila Anda terus mengeluarkan d4rah orange dalam waktu lama.

M3nstru4si disertai gejala tertentu

Hal lain yang patut diwaspadai saat m3nstru4si ialah apabila perubahan warna d4rah diikuti dengan beberapa gejala, seperti : pusing, lelah berlebihan, kulit kuku terlihat pucat, dan siklus m3nstru4si tidak teratur. Karena kondisi tersebut menunjukkan adanya penyakit anemia sehingga Anda memerlukan suplemen zat besi.

Dengan mewaspadai tekstur dan warna d4rah m3nstru3si, maka Anda dapat lebih dini mengetahui masalah kesehatan yang menimpa Anda dan lebih mudah melakukan upaya pengobatan.
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x